Retreat Civitas Akademik STT Sola Gratia Indonesia, 6-7 Juni 2022

WE WALK BY FAITH, NOT BY SIGHT.....

Puji Tuhan, terlaksana dengan baik. Dalam rangka pelaksanaan penutupan Tahun Ajaran 2021-2022, STT Sola Gratia Indonesia melaksanakan Retreat pada 6-7 Juni 2022 dengan Tema “We Walk By Faith, Not By Sight” (2Kor.5:7). Pelaksanaan Retreat di Villa Panorama Claket-Mojokerto, keberangkatan peserta retreat dari Wonorejo, jam 07.00 dan tiba di Claket pada jam 09.30. Pesona alam disekitar tempat pelaksanaan retreat menambah suasana sejuk yang disertai angin dan hawa dingin karena lokasi yang diapit oleh dua gunung, sehingga kelelahan yang dialami dalam perjalanan terasa sirna karena kesejukan yang membuat peserta tidak sabar untuk mengabadikan moment tersebut melalui kamera dan ponsel masing-masing.

Puji Tuhan, itu kata yang terungkap karena pertolongan Tuhan bisa tiba dilokasi, Panitia pelaksana yang sudah lebih dahulu tiba menyambut peserta dengan ramah dan senyum sumringah terpancar diwajah, bahkan dalam persiapan mereka tidak patah arang untuk mempersiapkan dengan baik.

Pelaksanaan kegiatan retreat dimulai dengan Ibadah pembukaan pada jam 15.00, tema retreat “We Walk By Faith, Not By Sight” diuraikan oleh Ibu Ruseniati, M.Th (Wakil Ketua II Bidang Administrasi) sesuai teks 2 Korintus 5: 7 “sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat”, tema ini menjadi Yiel-yiel peserta selama acara dengan suara yang kompak dibangkitkan semangatnya menyerukan, we walk by faith not by sight. Setelah Ibadah dilanjutkan dengan tajuk Ngopi (Ngobrol Pintar) yang dipandu langsung oleh Bapak Teguh Santoso, M.Th (Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Pelayanan) sebagai host, Bapak Theofilus Sunarto, M.Th dan Bapak Bhaktiar Sihombing, M.A., M.Pd, sebagai nara sumber yang membicarakan “Membangun Komunikasi Dan Relasi”.

Pada malam hari dilaksanakan acara kebersamaan melalui tajuk “Malam Keakraban” peserta retreat diajak untuk membuat lingkaran disekitar Api Unggun merupakan moment yang sangat berkesan bagi semua peserta karena Pimpinan, Dosen, Staff dan Mahasiswa bersama-sama bersorak -sorai melalui puji-pujian dan juga terlibat dalam game yang dipandu oleh panitia, bakar jagung, ngopi, dan diakhir acara malam ada renungan yang dipimpin oleh Bapak Mintoni A. Tobing, M.Th (Wakil Ketua I Bidang Akademik), semua peserta masing-masing ke kamar masing-masing untuk istrahat karena malam semakin larut dan hawa dingin dikaki gunung menusuk sampai ke dalam tulang, membuat peserta mempercepat langkah mengambil posisi di balik selimut.

Tidak terasa waktu begitu cepat jam menunjukkan 04.00 pagi dengan hawa yang sangat dingin semua peserta telah bangun dan bergegas mempersiapkan diri untuk Ibadah Pagi, Bapak Elisua Hulu, M.Th (Ketua LPM) menyampaikan renungan dengan Tema “Berjalan Dengan Iman Atau Melihat” yang diikuti oleh peserta retreat dan juga Bapak/Ibu yang lain melalui link zoom ibadah pagi sehingga bagi yang tidak sempat ikut bisa mengikuti ibadah pagi Bersama.

Setelah keluar dari ruangan ibadah wah…alam menampakkan keindahannya puncak bukit nampak segar memesona dan sinar mentari seolah mengintip dibalik gunung menambah suasan kekaguman akan ciptaan Tuhan yang luar biasa, peserta tidak melewatkan momen indah tersebut dan mengabadikannya melalui kamera dan ponsel masing-masing.

Pada jam 06.00 peserta diajak untuk olahraga bersama yang dipandu oleh Panitia, Gerakan senam mulai menghangatkan persendian diseluruh tubuh ditambah dengan sinar matahari pagi yang sangat menyejukkan dan menghangatkan.

Setelah sarapan pagi, Panitia memandu acara games berantai yang diiikuti oleh peserta dipenuhi dengan canda dan tawa yang menambah suasana keakraban, seolah-olah tidak ada jarak antara satu dengan yang lain yang notabene pesertanya adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai darah, suku dan bahasa, acara games berakhir dikolam renang, peserta tidak ketinggalan panitia diceburkan ke dalam kolam oleh peserta membuat suasana sukacita yang merasakan senasib dan sepenanggungan.

Sebagai akhir dari acara retreat adalah Ibadah Penutup,  Bapak Thomas Bedjo Oetomo, M.Mis (Ketua STT Sola Gratia Indonesia) menyampaikan dalam khotbahnya bahwa tema ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sebagai anak-anak Tuhan, hamba-hamba Tuhan yaitu hidup karena percaya, bukan hanya slogan tetapi seluruh civitas akademika turut merasakan dan menjadi pelaku.

Puji Tuhan acara selesai peserta masing-masing mulai bergegas untuk mempersiapkan diri dan mengabadikan momen-momen kebersamaan dengan suasana alam yang tidak mudah dilupakan, kiranya ke depan bisa ada acara seperti ini lagi. Terima kasih Panitia Pelaksana Sukses Acara Retreatnya, Tuhan memberkati. A……..Min…..(Redaksi)